Pages

Wednesday, September 21, 2011

Taksonomi Tumbuhan

Secara umum, urutan takson dari suatu tumbuhan dimulai dari Regnum, divisio, classis, ordo, familia, genus, dan spesies. 
Regnum merupakan bahasa latin dari suatu Kerajaan (dunia) tumbuhan dimana suatu makhluk hidup yang dimasukkan ke dalam dunia ini harus memiliki ciri; memiliki dinding sel, berklorofil, serta bersifat autotrof.
Di muka bumi, ada empat divisio yang mengelompokkan suatu tumbuhan yaitu Bryophyta, Pterydophyta, Gymnospermae, dan Spermatophyta dimana keempatnya dibedakan kembali atas kelas-kelasnya masing-masing. 
Divisio Bryophyta yang merupakan tumbuhan lumut hanya terdiri dari tiga kelas, yaitu Musci, Hepaticae, dan Anthoceros. Sedangkan Pterydophyta terdiri atas empat kelas yaitu Psilopitynae, Lycopodinae, Equisetiinae, serta Filicinae. Sementara Gymnospermae memiliki tujuh kelas; yaitu Pterydospermae, Cycadinae, Bennetinae, Cordaitinae, Coniferiinae, Gnetinae, dan Ginkyoinae. Divisio yang terakhir, Spermatophyta terdiri atas dua kelas yaitu Dicotyledoneae dan Monocotyledoneae dimana keduanya memiliki spesies yang paling banyak di jumpai di seluruh permukaan bumi.

No comments: