Pages

Saturday, November 28, 2009

Fitohormon & ZPT

Jika ditanya apa itu fitohormon maka dapat dijawab fitohormon merupakan gabungan dari dua kata; yaitu fito dan Hormon. Fito itu sama dengan tumbuhan sedangkan Hormon ya... hormon, zat yang mengatur segala proses fisiologis tubuh; baik pada hewan/manusia maupun pada tumbuhan. Namun, hormon pada tumbuhan memiliki perbedaan dengan hormon pada hewan. Hormon pada hewan bekerja dengan target yang jelas, sedangkan hormon pada tumbuhan tidak memiliki target dan kerja yang benar-benar spesifik. Karena antara hormon yang satu dengan yang lain berkorelasi dalam menjalankan fungsinya. Bahkan terkadang ada sifat antagonisme pada hormon tumbuhan dimana kerja hormon yang satu menghambat kerja hormon yang lain.
So, Fitohormon adalah hormon pada tumbuh-tumbuhan; zat yang mengatur segala proses fisiologis, petumbuhan dan perkembangan, pada tumbuhan. Namun, hormon hanyalah suatu zat yang kerjanya dikontrol oleh gen karena pada dasarnya semua sistem kerja makhluk hidup, baik hewan/manusia atau tumbuhan, diatur sepenuhnya oleh gen. Lalu, apa yang dimaksud dengan ZPT??
Fitohormon dan ZPT itu sama. ZPT atau zat pengatur tumbuh merupakan zat atau senyawa yang berfungsi mengatur segala proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Perbedaannya dengan Hormon hanyalah proses pembuatannya. Jika hormon disintesis sendiri oleh tumbuhan, ZPT dibuat oleh manusia. Meskipun buatan tangan manusia, kerja ZPT tidaklah kalah dari kerja Hormon yang diproduksi oleh tumbuhan. Pembuatan ZPT sendiri didasari pada semakin majunya dunia penelitian di seluruh dunia, terutama pada bidang Botani (Kultur Jaringan), yang membutuhkan hormon sebagai salah satu bahannya. Namun, karena harga hormon terlalu mahal untuk dijadikan bahan penelitian yang sangat jarang berhasil pada sekali percobaan maka dibuatlah ZPT sebagai bahan alternatifnya. Lebih murah dengan hasil yang sama.
Conclusion : ZPT =Fitohormon

2 comments:

Anonymous said...

pustakanya dpt drmana?thx yaa..

Meirina said...

Pustakanya dari penjelasan dosen pas kuliah..
Tapi ada sebagian yg tertera di buku Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Penulisnya Dwidjoseputro.