Pages

Tuesday, January 22, 2013

Balanced Scorecards (BSc)

Balance scorecard terdiri dari dua kata yaitu balanced (keseimbangan) dan scorecard (kartu nilai). Dari definisi tersebut pengertian sederhana dari Balanced  Scorecardadalah kartu skor yang digunakan untuk mengukur kinerja dengan memperhatikan keseimbangan antara sisi keuangan dan non keuangan, jangka panjang dan jangka pendek (Aurora, 2010).
Metode Balance scorecard mengembangkan seperangkat tujuan unit bisnis melampaui rangkuman ukuran keuangan yang mencakup berbagai aktivitas penciptaan nilai yang dihasilkan oleh para partisipan perusahaan. Kaplan (2010) menyebutkan bahwa Balance Scorecard merupakan suatu sistem manajemen yang menjabarkan strategi suatu perusahaan ke dalam tujuan operasional dan tolak ukur. Balance Scorecarddijabarkan memiliki kemampuan untukmenerjemahkan strategi ke dalam sebuah proses yang bukan hanya menjadi milik manajemen puncak, namun juga setiap individu pada setiap level di dalam suatu perusahaan.
Sistem Balanced Scorecards masih mempertahankan ukuran finansial untuk menilai keberhasilan manajemen, namun Balanced Scorecards (BSc) mampu untuk menggali hasil keuangan dan secara bersamaan dapat memonitor kemajuan dari kemampuan intagible assets yang diperlukan dalam pertumbuhan yang akan datang. Balanced Scorecards akan menggunakan ukuran keuangan untuk kinerja masa lalunya untuk menaksir the driver dan kinerja di masa yang akan datang. Tujuan dan ukuran dari Balanced Scorecards diambil dari visi dan strategi organisasi yang diterjemahkan ke dalam tujuan dan ukuran tangible. Ukuran tersebut akan menyajikan keseimbangan antara ukuran eksternal dan ukuran internal (Rivai, 2009: 600-601). 
 Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Balanced Scorecards merupakan suatu metode penilaian kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan empat perspektif untuk mengukur kinerja perusahaan; yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta proses pembelajaran dan pertumbuhan.

No comments: