Pages

Tuesday, January 22, 2013

Blue Ocean Strategy



Menurut Kim & Mauborgne (2006), strategi samudra biru (blue ocean strategy) merupakan sebuah langkah strategis yang penting. Strategi samudera biru menantang perusahaan untuk keluar dari samudera merah persaingan berdarah dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tak relevan. Perusahaan yang terperangkap dalam samudera merah mengikuti pendekatan konvensional, yakni berlomba memenangi kompetisi dengan membangun posisi kokoh dalam tatanan industri yang ada.
Menurut Umar (2001) strategi yang dipahami secara umum saat ini merupakan alat untuk mencapai tujuan, sesuai dengan tipologinya dari bahasa Yunani kuno yaitu ‘seni berperang’ yang fokus pada memenangi persaingan. Sedangkan, tidak seperti dalam perang, sejarah industri menunjukkan bahwa pasar tidak pernah konstan dan memiliki kelebihan khusus yang banyak dilupakan yaitu: kemampuan untuk menciptakan ruang pasar baru yang belum ada pesaingnya. Disinilah Blue Ocean Strategy (BOS) mencoba membuat agar kompetesi tersebut menjadi tidak lagi relevan dan berfokus pada menumbuhkan permintaan.
            Menurut Kim & Mauborgne (2006), penciptaan samudra biru adalah melakukan penekanan biaya sekaligus menciptakan peningkatan nilai bagi pembeli. Nilai bagi pembeli berasal dari utilitas (manfaat) dan harga yang ditawarkan kepada pembeli dan nilai bagi perusahaan dihasilkan dari harga dan struktur biaya. Jadi inovasi nilai dapat dicapai jika keseluruhan sistem kegiatan yang menciptakan manfaat, harga dan biaya perusahaan dipadukan dengan tepat. Pendekatan keseluruhan sistem ini yang disebut dengan samudra biru. Sedangkan pada samudra merah yang berbasis pada kompetisi mengasumsikan bahwa perusahaan dipaksa untuk berkompetisi dalam pasar dengan kondisi yang stuktural. Perlu diingat bahwa inovasi nilai tidaklah sama dengan inovasi teknologi. Inovasi nilai menolak salah satu dogma yang paling umum digunakan dalam strategi berbasiskan kompetisi yaitu: dilema atau pertukaran (tradeoff) nilai–biaya. Di sini, strategi dilihat sebagai pembuat pilihan antara diferensiasi dan biaya rendah. Sebaliknya Blue Ocean Strategy menjadikan perusahaan mengejar diferensiasi dengan biaya rendah secara bersamaan. Menurut Kim & Mauborgne (2006), pasar terdiri dari dua samudra yaitu samudra merah dan samudra biru.

No comments: