Pages

Saturday, February 06, 2010

1st About Mikorhiza

Mikoriza merupakan jamur yang hidup bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tingkat tinggi.Mikoriza merupakan suatu bentuk simbiosis mutualistik antara jenis jamur tertentu dengan perakaran tanaman. Simbiosis ini terdapat hampir pada semua jenis tanaman. Kabirun (1994) mengelompokkan jamur ini dalam dua jenis, yaitu endomikoriza dan ektonmkoriza. Namun pada umumnya mikoriza lebih banyak dikelompokkan menjadi tiga, yaitu dengan adanya penambahan kelompok mikoriza yang merupakan bentuk peralihan dari kedua jenis tadi, yaitu ektendomikoriza (Harley and Smith 1983).
Jamur ektomikoriza memasuki akar dan mengganggu sebagian lamela tengah di antara sel korteks. Susunan hifa di sekeliling sel korteks ini disebut jaring Hartig. Ektomikoriza biasanya juga menyusun jaringan hifa dengan sangat rapat pada permukaan akar, yang disebut selubung. Selubung ini sering disebut dengan selubung Pseudoparenkim (Kabirun 1994). Kebanyakan jamur yang membentuk mikoriza adalah Basidiomycetes (famili Amanitaceae, Boletaceae, Cortinariaceae, Russulaceae, Tricholomataceae, Rhizopogonaceae, dan Sclerodermataceae). Beberapa ordo dari Ascomycetes, terutama Eurotiales, Tuberales, Pezizales, dan Helotiales, mempunyai spesies yang diduga membentuk ektomikoriza dengan pohon.
Endomikoriza masuk ke dalam sel korteks dari akar serabut (feeder roots). Jamur ini tidak membentuk selubung yang padat, namun membentuk miselium yang tersusun longgar pada permukaan akar. Jamur ini juga membentuk vesikula dan arbuskular yang besar di dalam sel korteks, sehingga sering disebut dengan VAM (Vesicular-Arbuscular Miccorhizal), sebagai contoh jenis Globus dan Acaulospora (Thorn 1997). 
Beberapa Manfaat Mikoriza bagi tanaman adalah sebagai berikut: 
  1. Meningkatkan serapan hara
  2. Menghemat penggunaan pupuk buatan
  3. Meningkatkan pertumbuhan dan sistem perakaran tanaman
  4. Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekurangan air serta serangan penyakit akar

No comments: