Pages

Tuesday, December 15, 2009

Sekilas Mengenai Tipe Biji


Berdasarkan responnya terhadap perubahan kadar air biji tanaman digolongkan ke dalam tiga kelompok:

 1. Biji tipe Rekalsitran
Biji tipe ini memiliki ciri-ciri antara lain hanya mampu hidup dalam kadar air tinggi (36-90 %).  Penurunan kadar air bada biji tipe ini akan berakibat penurunan viabilitas biji hingga kematian, sehingga biji tipe ini tidak bisa disimpan dalam kadar air rendah. Contoh biji tipe ini adalah: Arthrocarpus integra (nangka), Durio zibethinus (durian), Theobroma cacao( kakao) dan lain-lain.

 2. Biji tipe Ortodoks
Biji kelompok ortodoks dicirikan oleh sifatnya yang bisa dikeringkan tanpa menglami kerusakan. Viabilitas biji ortodoks tidak mengalami penurunan yang berarti dengan penurunan kadar air hingga di bawah 20%, sehingga biji tipe ini bisa disimpan dalam kadar air yang rendah. Contoh biji kelompok ini adalah: Glysine max (kedelai), Vitis vinifera (anggur), Oryza sativa ( padi), Capsicum annum (cabe), dan biji serealia lainnya

 3.Biji tipe Intermediet
Biji kelompok intermediet memiliki sifat peralihan dari kedua tipe di atas. Biji tipe intermediet masih mampu bertahan hidup bila kadar airnya diturunkan hingga pada batas tertentu di atas kadar air biji ortodok. Contohnyabiji kelompok ini adalah: Citrus limon (jeruk lemon), Coffea arabica ( kopi arabika)



No comments: