Pages

Tuesday, April 26, 2011

Tipe Interaksi Antara Ryparosa sp. (Myrmecoxenic) – Cladomyrma – Hemiptera (trophobiont)


Secara umum Interaksi antara Ryparosa sp. – Cladomyrma – Hemiptera (Trophobiont) bersifat mutualisme karena ketiganya sama-sama memperoleh keuntungan. Ryparosa Myrmecoxenic menjadi tempat tinggal bagi spesies Cladomyrma dan Hemiptera sekaligus sebagai penghasil makanan bagi keduanya. Sedangkan serangga Cladomyrma dan Hemiptera secara tidak langsung ‘menjaga’ Ryparosa dari herbivore dan merupakan agen biocontrol atau bio pestisida.
Moog (2009) mengemukakan bahwa Cladomyrma memperoleh foodbodies dan exra-floral (nectar) dari Ryparosa sebagai sumber makanan. Keberadaan Cladomyrma sendiri menjadi daya tarik bagi spesies Hemiptera trophobiont untuk membentuk koloni di tempat tersebut karena Cladomyrma dapat menjaga Hemiptera tropobiont dari predatornya dan lebih dari itu, Hemiptera trophobiont memperoleh makanan yang berasal dari getah Ryparosa dimana bagi Ryparosa hal ini menguntungkan karena akumulasi getah tersebut dapat merusak jaringan pada batang atau daun Ryparosa fasciculata (Delabie, 2001). Sedangkan Cladomyrma sendiri memperoleh honeydew yang dihasilkan oleh Hemiptera trophobionts sebagai tambahan sumber makanan. Dengan begitu, Cladomyrma semakin giat untuk melakukan tugasnya ‘menjaga’ tunas Ryparosa yang merupakan tempat terbentuknya bunga dan buah. Sehingga dapat dikatakan bahwa interaksi mutualisme antara Ryparosa sp. dengan Cladomyrma diperantarai oleh keberadaan Hemiptera trophobiont.

Daftar Pustaka

Delabie, Jacques. 2001. Trophobiosis Between Formicidae and Hemiptera (Sternorrhyncha and Auchenorrhyncha): An Overview. Neotropical Entomology. 30 (4): 501-516.

Moog, Joachim. 2009. The Assosiations of The Plant-Ant, Cladomyrma With Plants in Southeast Asia. Disertation. Johann Wolfgang Goethe-Universität : Frankfurt

No comments: