Pages

Tuesday, April 26, 2011

Asosiasi trophobiont Hemiptera dengan Ryparosa – Cladomyrma


Asosiasi awal dari Hemimptera trophobiont dengan koloni Cladomyrma pada Ryparosa fasciculata merupakan faktor penting bagi kelangsungan kolonisasi Cladomyrma pada R. fasciculata.  karena Hemiptera trophobion seperti coccoids bersifat produktif pada fase awal kehidupannya dalam arti menghasilkan makanan yang dibutuhkan Cladomyrma (Moog, 2009).
Ratu Cladomyrma tidak dapat membawa coccoids dewasa, karena itulah pada fase larva, coccoids akan masuk ke dalam sarang (nesting chamber) Cladomyrma melalui celah kecil yang dibuat oleh si ratu Cladomyrma atau dibawa oleh Cladomyrma pekerja khusus . Setelah larva coccoids berada di dalam sarang maka dengan segera coccoids mengeluarkan honeydew yang merupakan derivat dari getah Ryparosa yang kaya akan gula, protein, asam amino, serta garam-garam mineral (Webber, 2007).
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa getah yang dihasilkan Ryparosa merupakan senyawa toksik yang dapat merusak jaringan Ryparosa fasciculata, tetapi merupakan sumber makanan bagi coccoids (Hemiptera) dan honeydew yang disekresikan oleh Coccoids merupakan sumber makanan bagi Cladomyrma yang bersarang di tempat yang sama dengan Coccoids tersebut. Sementara itu, dimanfaatkannya honeydew oleh Cladomyrma merupakan suatu proteksi terhadap predator yang dibentuk oleh Cladomyrma untuk Coccoids (Hemiptera trophobiont). Hal tersebut dikarenakan honeydew merupakan sinyal kimia bagi predator Coccoids terhadap keberadaan mangsanya tersebut, sehingga dengan dimakannya honeydew oleh Cladomyrma semakin sulit bagi predator Coccoids menemukan sarang mangsanya dan kemungkinan hidup Coccoids semakin tinggi (Delabie, 2001). 

Daftar Pustaka

Delabie, Jacques. 2001. Trophobiosis Between Formicidae and Hemiptera (Sternorrhyncha and Auchenorrhyncha): An Overview. Neotropical Entomology. 30 (4): 501-516.

Moog, Joachim. 2009. The Assosiations of The Plant-Ant, Cladomyrma With Plants in Southeast Asia. Disertation. Johann Wolfgang Goethe-Universität : Frankfurt

Webber, Bruce., Moog, Joachim., Curtis, A., And Woodrow, I. 2007. The Diversity of Ant-Plant Interactions in The Rainforest Understorey Tree, Ryparosa (Achariaceae): Food Bodies, Domatia, Prostomata, And Hemipteran Trophobionts. Botanical Journal of The Linnean Society. 154: 353-371.

No comments: