Pages

Monday, January 25, 2010

EUROPE



Eropa merupakan salah satu dari tujuh benua yang ada di dunia. Benua Eropa berbatasan dengan Samudera Arctic di sebelah utara, Samudera Atlantic di sebelah barat, Laut Mediterania pada bagian selatan, dan Laut Hitam di sebelah tenggara yang juga merupakan jalur penghubungmenuju Mediterania. Jika ditinjau dari wilayah perairannya, Benua Eropa adalah benua terkecil kedua di dunia, dimana luas wilayah perairannya sekitar 10.180.000 km2 atau 2% dari perairan Bumi dan kurang lebih 6,8% dari daratannya. Sebagai benua yang paling banyak dihuni setelah Asia dan Africa, Eropa memiliki populasi kira-kira 731 juta jiwa atau 11% dari populasi dunia.
Masyarakat dunia kerap kali mengidentikkan Eropa sebagai awal dari kebudayaan. Banyak orang datang ke Eropa karena ingin melihat museum-museum yang tersebar nyaris di semua negeri Eropa. Seharusnya penduduk di dunia ini menyadari bahwa Eropa tidak hanya sekedar benua dengan bangunan-bangunan kuno yang selalu menjadi pusat perhatian, tetapi di Eropalah ilmu pengetahuan ditemukan, dikembangkan, dan dipelajari hingga saat ini. Segala ilmu berasal dari Eropa. Siapa tak kenal Leonardo Da Vinci, Seniman Brilliant dengan karya-karyanya yang luar biasa. Albert Einstein, Aristoteles, Socrates,Beethoven, Mozart, dan semua tokoh luar biasa lahir dan besar di Eropa. Ditambah lagi Filosofi Eropa merupakan benang merah dari filosofi global serta sebagai pusat filosofi di Amerika dan sebagian besar negara dunia.

Jadi tidaklah keliru jika kita menyebut Eropa sebagai tanah Ilmu. Segala ilmu bisa kita reguk di benua biru tersebut. Bahkan ilmu tentang kehidupanpun dapat kita pelajari di Eropa. Puluhan universitas yang ada di Eropa dengan jutaan peminat dari berbagai bangsa dan negara dapat menjadi salah satu bukti bahwa Eropa bukan hanya negeri kolot dengan bangunan-bangunan tua yang berlumut, tetapi juga negeri yang menjadi ujung tombak perkembangan pengetahuan di muka bumi ini. Sekedar mengingat bahwa nyaris semua Negara Eropa pernah menjajah Negara-negar di Benua lain, termasuk Amerika. Bukannya ingin mengesampingkan negeri di benua lainnya, melainkan hanya untuk memberikan sedikit perubahan mengenai paradigma masyarakat mengenai Eropa.
Jelajahi Eropa,, tidak hanya untuk melihat gedung-gedung kuno, tetapi juga mencuri sedikit ilmu di sana untuk membangun negeri tercinta

No comments: