Pages

Friday, March 11, 2011

Respon Tanaman Terhadap Cekaman Kekeringan


Spesies tumbuhan bertahan dari kekeringan dengan berbagai cara. Tumbuhan seperti Prosopis glandulosa dan Medicago sativa mempunyai akar yang dapat memanjang 7 sampai 10 m ke bawah mencapai muka air tanah, tidak pernah mengalami potensial air negatif yang ekstrem. Tumbuhan tersebut adalah pengguna air. Tumbuhan ini ternyata menghindari kekeringan. Tentu saja tumbuhan itu harus mampu menggunakan air tanah sewaktu memanjangkan akarnya menuju muka air tanah (Salisbury dan Ross, 1995).
            Stress air (kekeringan) pada tanaman dapat disebabkan oleh dua halyaitu kekurangan suplai air di daerah akar dan permintaan air yang berlebihan oleh daun, dimana laju evapotranspirasi melebihi laju absorsi air oleh akar tanaman, walaupun keadaan air tanah cukup (jenuh). Dengan demikian  jelaslah bahwa stress air pada tanaman dapat terjadi pada keadaaan air tanha tidak kekurangan (Harjadi danYahya, 1988).
            Dalam penelitian Nurhayati (2007) mengatakan bahwa mekanisme toleransi tanaman terhadap cekaman kekeringan berbeda-beda tergantung kemampuan genetiknya, kekurangan defisit air yang parah ditunjukkan dengan perkembangan  sistem pembungaan, tetap menjaga potensial jaringan dengan meningkatkan penyerapan air atau menekan kehilangan air tanaman mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem perakaranya, regulasi stomata dan penurunan permukaan evapotranspirasi melalui penyempitan daun dan pengguguran daun.
            Respon tercepat terhadap munculnya cekaman dengan keadaan fisik dari luas daun dari pada perubahan kimia. jika kandungan air dari tumbuhan berkurang maka sel akan menyempit dan dinding sel juga ikut meyempit. Pengurangan volum sel menyebabkan tekanan hidrostatik menurun atau tekanan turgornya juga menurun. Peningkatan dari penurunan air lebih nyata terlihat lebih jelas terlihat dalam sel. Membran plasma menjadi menyempit dan lebih tertekan, daunnya lebih mengecil dari sebelumnya karena telah kehinlangan tekanan yang merupakan pengaruh yang nyata terhadap fisik dari penurunan cekaman air. Dapat disimpulkan tekanan turgor sangat mempengaruhi aktivitas yang menyebabkan sensitif terhadap cekaman kekeringan. Pertahanan tanaman dalam menghadapi cekaman kekeringan adalah membatasi perkembangan luas daun, perkembangan akar untuk mencapai daerah yang masih basah dan penutupan stomata untuk mengurangi transpirasi (Taiz dan Zeiger, 1991).

No comments: