Pages

Wednesday, July 13, 2011

Auksin

Auksin merupakan hormon tumbuh bagi tanaman yang pertama ditemukan oleh Went pada tahun 1962 yang dikenal sebagai Indol Acetic Acid (IAA), mempunyai peranan terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Secara fisiologis, peranan hormon tumbuh ini antara lain berpengaruh dalam meningkatkan tekanan osmotik, meningkatkan permeabilitas sel terhadap air, meyebbabkan pengurangan tekanan pada dinding sel, meningkatkan sintesis protein dan pengembangan sel (Abidin, 1990)
Menurut Wattimena (1992) zat pengatur tumbuh dari golongan auksin berperan antara lain dalam pembentukan kalus, morfogenesis akar dan tunas serta embriogenesis. pemilihan konsentrasi dan jenis auksin ditentukan antara lain oleh tipe pertumbuhan dan perkembangan eksplan yang dikehendaki.
Pengaruh auksin terhadap perkembangan sel menunjukkan adanya indikasi bahwa auksin dapat menaikkan tekanan osmotik, meningkatkan sintesa protein, meningkatkan permeabilitas sel terhadap air, dan melunakkan dinding sel yang diikuti menurunnya tekanan dinding sel sehingga air dapat masuk ke dalam sel yang disertai dengan kenaikan volume sel (Hendaryono, 1994).

No comments: