Pages

Saturday, July 09, 2011

Tulang

Tulang sebagai unsur utama kerangka tubuh , menyokong struktur berdaging , melindungi organ-organ vital , mengandung sumsum tulang. Berbeda dengan matriks rawan , matriks tulang keras karena mengalami kalsifikasi. Tulang juga terdiri dari elemen seluler dan interseluler.
  1. Elemen seluler terdiri dari :
o   Osteoblast
Osteoblast mensintesis komponen organik matriks tulang ( kolagen dan glikoprotein ). Matriks yang baru dibentuk belum mengalami kalsifikasi dan terletak di dekat osteoblast. sel-sel osteoblast terletak di permukaan jaringan tulang secara berdampingan. Osteoblast juga mempunyai prossesus sitoplasmik yang memungkinkan berhubungan dengan osteoblast di sekelilingnya. Bila telah berada di dalam matriks yang baru disintesis , osteoblast tersebut dikenal sebagai osteosid.
o   Osteosit
Osteosit adalah sel matur yang ditemukan terbungkus di dalam lapisan-lapisan matriks tulang yang telah mengalami mineralisasi. Berbeda dengan sel rawan yang tidak pernah mempunyai juluran sitoplasma , maka pada sel-sel tulang mempunyai juluran sitoplasma yang berhubungan satu sama lain. Dalam matriks tulang , osteosit terdapat dalam rongga-rongga lakuna , sedangkan juluran sitoplasma terdapat dalam saluran-saluran halus yang disebut kanalikuli.
o   Osteclast
Memepunyai fungsi merubah tulang yang sudah jadi. Selnya besar , oleh karena itu sering disebut  giant cell ’ , berinti banyak ( 3 – 6 buah ) , imotil ( dapat bergerak ) dan sangat bercabang-cabang. Osteoclast berasal dari sel osteoprogenitor. Sitoplasma bersifat asidofilik , mempunyai banyak lisosom dan sebagai akibatnya memberikan reaksi histokimia positif untuk fosfatase asam. Peranan pasti osteoclast dalam rearbsorbsi tulang belum jelas. Mereka mensekresikan kolagenase dan enzim proteolitik lain yang menyerang matriks tulang dan melepaskan zat dasar yang mengalami kalsifikasi.
  1. Matriks Tulang ( substansi interseluler )
Bahan organik sekitar 50 % berat kering tulang. Kalsium dan fosfor sangat banyak , tetapi bikarbonat , sitrat , magnesium , kalium dan natrium juga ditemukan. Bahan organik terdiri dari serabut kolagen dan zat dasar amorf yang mengandung glikosaminoglikans.
 Macam-Macam Tulang Menurut Bentuknya
            Dibedakan menjadi tulang pipa ( tulang panjang ) , tulang pendek dan tulang pipih.
  1. Tulang Pipa ( tulang panjang )
Tulang pipa mempunyai bagian-bagian :
            - epiphyse : berupa bonggol , tulang bunga karang yang dilapisi tulang kompak tipis
            - diaphyse : bagian tengah tulang , dibangum oleh tulang kompak
            - rawan epiphyseal : diantara epiphyse dan diaphyse , berupa keping rawan
  1. Tulang-tulang Pendek ( irreguler )
Bagian dalam dibangun oleh tulang bunga karang dan bagian luar terdiri dari tulang kompak yang tipis. Contohnya pada tulang-tulang karpalia , tarsalia , phallanges dan lain-lain.
  1. Tulang-Tulang Pipih
Komposisinya seperti tulang pendek , bagian tengah merupakan bagian bunga karang yang dilapisi tulang kompak hanya bentuknya pipih. Contohnya pada tulang rusuk dan tulang tengkorak

No comments: