Pages

Saturday, July 09, 2011

Musci-Lumut Daun

Lumut daun merupakan lumut dengan perkembangan yang lebih tinggi dibandingkan lumut hati.Contoh lumut gambut Sphagnum sp, Funaria sp. Fase gametofit terdiri dari dua tingkatan yaitu
    1. Fase protonema yang berasal dari perkecambahan spora , merupakan fase gametofit muda.
    2. Fase berdaun, merupakan hasil perkembangan tunas yang tegak pada protonema. Tunas tumbuh terus ditandai dengan adanya gametofora berdaun yang dewasa. Fase inilah merupakan fase gametofit dewasa yang merupakan tumbuhan lumut sesungguhnya.
Gametofor mempunyai daun, batang dan akar. Daun disebut filoid, batang bersifat kauloid dan akar bersifat rizoid. Alat reproduksi seksual juga terdiri dari arkegonium dan anteridium. Alat kelamin ini terdapat pada gametofor berdaun dan tidak pernah tenggelam di dalam jaringan gametofit, berdiri tegak, menonjol bebas terhadap permukaan tanaman. Alat kelamin berkembang di dalam kelompok.
a.       Anteridium
Terdapat pada pucuk jantan, membentuk reseptakel jantan dan berkelompok dilindungi oleh daun-daun kecil berwarna kemerah-merahan  berbentuk roset yang disebut perigonium. Di bagian dalam kelompok anteridia terdapat banyak rambut steril berwarna hijau yang disebut sebagai parafisa. Parafisa terdiri dari 4-6 sel dan pada bagian ujungnya membesar. Pada masing-masing anteridia mempunyai tangkai pendek multiseluler dan dilindungi oleh sel jaket steril yang mengandung kloroplas pada waktu muda. Pada waktu dewasa kloroplas akan berubah menjadi kromoplas. Sel induk sperma akan menghasilkan sperma dengan dua flagella. Pada waktu dewasa, ujung distal anteridium mengalami diferensiasi sebagai tutup yang disebut sebagai operculum.
b.       Arkegonium
Cabang arkegonium beasal dari bagian basal pucuk jantan. Terdapat daun-daun pelindung yang mengelilingi kelompokan arkegonium yang menutup bagian atas  disebut periketium. Di samping itu juga terdapat parafisa. Arkegonium berbentuk seperti botol terdiri dari bagian leher dan perut. Arkegonium mempunyai tangkai multiseluler yang panjang dan massif. Pada bagian perut dikelilingi oleh dua lapisan sel jaket steril. Di sebelah dalam perut bawah terdapat sel telur dan di bagian atasnya terdapat sel saluran perut. Bagian leher arkegonium terdiri dari sel saluran leher yang etrdiri dari 6-10 sel.
c.        Sporofit (sporogonium)
Zigot hasil pembuahanmengeluarkan secret dan menyelubungi seluruh dinding. Zigot bertambah ukuran dan aktif mengalami segmentasi. Pembelahan pertama dengan dinding melintang menghasilkan dua sel. Bagian atas disebut sel apikal, dimana daerah ini paling awal mengadakan perkembangan dan bagian ini adalah badan embrio. Sel-sel yang menyusun embrio terus mengadakan diferensiasi. Struktur embriomenjadi memanjang dan inilah yang disebut sebagai sporogonium. Sporogonium pada umunya terdiri dari kaki, seta dan kapsul. Pada Funaria kaki kurang berkembang dengan seta yang panjang dan ramping sehingga tampak sepertitangkai yang panjang dengan kapsula di bagian atasnya. Pada Sphagnum kaki sangat membesar dan berfungsi sebagai haustorium, tidak dijumpai adanya seta, tetapi dijumpai adanya lekukan di atas kaki yang menyerupai seta. Bagian atas kapsula ditutup oleh suatu tudung yaitu kaliptra.

No comments: