Pages

Saturday, July 09, 2011

Browning

Pada tahap inisiasi, eksplan sering menunjukkan gejala pencoklatan (browning) pada media di sekitar potongan eksplan. Keadaan ini disebabkan karena oksidasi dari senyawa fenolik yang dihasilkan jaringan tanaman terutama dari eksplan in vivo. Oksidasi senyawa fenolik tersebut dapat menghambat bahkan bersifat toksik bagi pertumbuhan eksplan. Keadaan ini merupakan masalah yang selalu dihadapi pada tahap awal penanaman eksplan yang berasal dari lapang atau kamar kaca. 
Secara umum pencoklatan (browning or blacking) dapat dikelompokan menjadi 2 macam yaitu, Pencoklatan secara enzimatik (fenolase) dan pencoklatan non enzimatik. Pencoklatan non enzimatik dikelompokkan menjadi tiga, yaitu 1). Pencoklatan Maillard, 2). Pencoklatan karamellard, 3). Pencoklatan oksidasi asam askorbat.
Berbagai cara untuk menanggulangi masalah pencoklatan telah dilakukan, misalnya dengan penggunaan bahan anti oksidan (seperti polivinyl pirolidone atau PVP pada konsentrasi 0,01-2% dan asam askorbik sebanyak 50-200 mg/l) baik sebelum eksplan ditanam pada media maupun penambahan bahan tersebut pada media kultur atau kombinasi keduanya

No comments: