Pages

Friday, July 22, 2011

Sterilisasi (Mikrobiologi)

Sterilisasi merupakan suatu proses untuk mematikan semua organisme yang teradapat pada suatu benda. Proses sterilisasi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu penggunaan panas (pemijaran dan udara panas); penyaringan; penggunaan bahan kimia (etilena oksida, asam perasetat, formaldehida dan glutaraldehida alkalin).
(Hadioetomo, 1993)
Metode yang digunakan dalam sterilisasi ada beberapa macam antar lain:
  • Metode pemanasan, metode yang sangat sering digunakan, karena dalam metode ini dapat membunuh bakteri dengan menggunakan pemanasan dengan suhu di atas 100?C, bukan hanya bakteri saja yang terbunuh tetapi spora juga dapat terbunuh.
  • Metode ionizing irradiation, metode dengan menggunakan radiasi dari ß dan metode ini biasa digunakan untuk mensterilkan jarum, latex catheters dan surgical gloves.
  • Metode filtrasi merupakan metode yang digunakan untuk memindahkan atau memisahkan bakteria, sehingga didapatkan suatu cairan yang lebih murni. Metode filtrasi ini digunakan untuk bahan-bahan yang tidak tahan terhadap pemanasan seperti media dan serum.
  • Metode kimia, digunakan dengan cara memberikan cairan disinfektan. Macam-macam senyawa kimia yang digunakan untuk sterilisasi adalah alkohol 70%, formalin 4%, fenol dan detergen 
(Greenwood, 2002).

No comments: